Banyuwangi mempunyai banyak potensi pariwisata. Salah satunya yang kami sempat kunjungi adalah Pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan terletak ditengah-tengah laut selat bali. Pulau tabuhan termasuk pulau kecil, karena luasnya hanya sekitar 5-6 Ha. Untuk menuju ke pulau tabuhan dari banyuwangi, kita bisa melalui pantai bangsring. Karena letaknya ditengah-tengah, maka dari pantai bangsring lanjut dengan menyewa kapal.

Biaya sewa kapal menuju ke pulau tabuhan sekitar 500.000 dengan maksimal 10 orang. Lama perjalanan kurang lebih 15 menit. Untuk mensiasati agar tidak terlalu mahal, kami mencari barengan sehingga bisa patungan untuk menyewa kapal. Kebetulan pada saat kunjungan kami, pantai bangsring sedang sepi, namun akhirnya ada juga pasangan suami-istri yang berencana ke pulau tabuhan. Jadi, kami berempat menuju ke pulau tabuhan. Perjalanan kami juga dilengkapi dengan pelampung.

Semakin dekat ke pulau tabuhan, maka air laut terlihat semakin biru dan jernih hingga kita bisa langsung melihat dasar. Sesampainya di pulau tabuhan tersedia gubuk untuk meneduh dan juga ada penjual makanan ringan, karena sebenarnya pulau tabuhan bukanlah pulau berpenghuni. Pulau tabuhan ini cocok bagi yang suka snorkeling.  Karena kebetulan saya dan istri tidak berencana snorkeling (memang belum pernah), akhirnya kami hanya setengah mengelilingi pulau tabuhan, sambil mengambil beberapa spot foto. Walau sebenarnya tidak butuh lama jika mau mengelilingi pulau tabuhan. Yang pasti jika mau mengelilingi pastikan menyiapkan sunblock.

Dengan air biru jernih dan pasir putih akan sangat menarik jika menunggu sunrise atau sunset di pulau tabuhan. Fasilitas yang tersedia pulau tabuhan belum terlalu banyak. Hanya ada ruang ganti dan penjaja makanan dan minuman. Jadi masih bisa ditingkatkan untuk menarik para pengunjung.

Tagged : # #

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *