Wisata Rammang-Rammang : Pegunungan Karst Tertua Ketiga Di Dunia

Wisata rammang-rammang merupakan pilihan wisata menarik di Makassar. Rammang-rammang merupakan wisata pegunungan karst (kapur) tertua ketiga didunia. Lokasi rammang-rammang berada di Kabupaten Maros. Lokasi rammang-rammang dari kota Makassar akan memakan waktu 1.5 jam-2 jam dengan berkendaraan mobil atau motor. Lokasinya cukup dekat dari taman wisata bantimurung yang sudah kami kunjungi sebelumnya (baca : Taman Bantimurung : Wisata Alam Air Terjun, Goa dan Kupu-kupu). Kalau dari Taman Bantimurung akan memakan waktu setengah jam.

Nama “Rammang-Rammang” berasal dari Bahasa Makassar, di mana kata rammang berarti “awan” atau “kabut”. Jadi rammang-rammang berarti sekumpulan awan atau kabut. Menurut cerita penduduk setempat, tempat ini diberi nama Rammang-Rammang karena awan atau kabut yang selalu turun, terutama di pagi hari atau ketika hujan. Waktu yang tepat mengunjungi rammang-rammang adalah ketika pagi hari atau sore.

Tapi ada apa aja sih di Rammang-rammang? untuk wisata di rammang-rammang diawali kita akan ke area dermaga, karena kita akan naik perahu untuk menyusuri sungai pute yang membelah pegunungan kapur dan menuju ke  kampung berua. Siapkan uang tunai untuk membayar sewa perahu.

Harga Sewa Perahu Motor

Jumlah Orang Harga Sewa
1-4 orang Rp 200.000/Perahu
5-7 orang Rp 250.000/Perahu
8-10 orang lebih Rp 300.000/Perahu

Jika anda mengunjungi pada siang hari disarankan memakai topi dan sunblock.

Selama diperahu kita akan disuguhi pemandangan layaknya berada di hutan amazon tapi tanpa binatang liar ya, hijau, eksotis dan pegunungan batu tua. Selama diperjalanan akan diselingi pohon mangrove, pegunungan yang menjulang, dan sesekali rumah warga.

Setelah sekitar 5 menit di perahu, maka tibalah di kampung berua. Saya disambut dengan pemandangan warga yang sedang mengangkut buah kelapa.

rammang-rammang kelapa

Di kampung berua kita bebas berapa lama dan pemilik perahu akan tetap menunggu. Untuk masuk ke kampung berua kita akan membayar hanya Rp 2000. Lokasi kampung berua menjadi spesial karena memang dikelilingi pegunungan batu karst yang menjulang tinggi, selain ada sawah, sapi, penangkaran ikan, dan bebek-bebek membuat suasananya istimewa.

Selain itu ada surau dan rumah warga yang menjajakan jajanan.

Buat yang suka fotografi akan sangat cocok, karena banyak spot yang menarik. Namun keterbatasan waktu untuk perjalanan pulang kami tidak menjelajahi semuanya.

rammang-rammang sign

Lelah selama perjalanan terbayarkan setelah berada di rammang-rammang, karena spot seperti ini sepertinya hanya ada di rammang-rammang. Tidak perlu jauh-jauh ke china atau vietnam yang merupakan pegunungan karst terbesar pertama dan kedua didunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *