Bekerja Remote Luar Negeri

Bekerja secara remote, tanpa harus datang kantor sebenarnya sudah banyak diterapkan oleh banyak perusahaan luar. Dan mereka mencari talenta-talenta diluar selain didalam negara mereka sendiri. Ketika ini terjadi, sisi positifnya membuat orang mampu bekerja diluar negara mereka sendiri. Dan disitulah persaingan global, karena saingannya bukan hanya satu atau dua negara tapi semua negara selama ia memiliki kemampuan yang dibutuhkan dan terkoneksi melalui internet, maka semua pekerja IT memiliki peluang yang sama.

 Sekedar berbagi pengalaman. Walau bukan termasuk menjalankan hingga selesai, melainkan “pensiun dini” 🙂 . Saya termasuk yang beruntung pernah mencicipi rasanya bekerja di luar negeri tapi secara remote :p  Orang yang  berprofesi IT merupakan profesi yang banyak berhubungan dengan komputer, internet dan seputaran itu.  Hal tersebut memiliki kelebihan tersendiri, karena memungkinkan melakukan pekerjaan secara remote atau jarak jauh yang terhubung melalui jaringan komputer/internet.

Yang pertama ke salah satu perusahaan di USA, tepatnya di Florida Silicon Valley. Tempat yang bergengsi untuk sebuah perusahaan IT 🙂 . Namun kala itu, kebetulan juga sedang bekerja secara mobile yang cukup membuat sulit untuk melakukan pekerjaan yang pada saat-saat tertentu perlu untuk online atau terkoneksi ke internet, sehingga saya tidak bertahan lama. Yang kedua juga dari negara yang sama, namun terbentrok waktu kerja, karena seingat saya, saya sama saja bekerja di tiga perusahaan sekaligus  🙂

Saya mencoba membagi tips/catatan bagi mereka yang mau mencoba bekerja secara remote. Walau sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan perusahaan yang menrekrut dengan cara biasa.

  1. Kebanyakan perusahaan luar pastinya mencari yang sudah berpengalaman. Jadi, pastikan anda memiliki kompetensi yang memadai.
  2. Kemampuan bahasa inggris mutlak diperlukan, minimal pasif tapi lebih bagus lebih baik. Karena interview dan koordinasi project dilakukan menggunakan bahasa inggris. Baik berupa chat atau via percakapan langsung (biasanya menggunakan skype).
  3. Pastikan anda memiliki koneksi internet dengan kualitas bagus dan tersedia kapan saja.
  4. Fisik yang kuat, karena anda kalanya perlu mengejar target deadline hingga malam-pagi hari 🙂
  5. Selalu lakukan komunikasi terhadap pekerjaan anda, progress dll.
  6. Lakukan dengan percaya diri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *