Upgrade si WordPress

Baru saja melakukan upgrade engine wordpress ini. Karena sebelumnya saya menggunakan engine wordpress versi 2.6, sementara yang baru itu versi 2.8.6. Bayangkan ketinggalan sekali kan. hehe. Sebenarnya sudah ingin upgrade sejak lama. Tapi kebiasaan menikmati fasilitas fantastico yang disediakan oleh tempat hostingan saya. Dan di fantasticonya belum menyediakan upgrade ke versi 2.8.6… huhuhu

Selain itu entah kenapa blog saya menjadi berat di akses. Padahal sebelumnya lancar-lancar saja.  Dengan dua pertimbangan diatas, karena sudah kelamaan versi yang digunakan, sementara si fantastico belum menyediakan versi terbaru dan juga karena blog terasa berat diakses, akhirnya saya memutuskan untuk upgrade manual.

Pertama, saya backup dulu semua directory bawaan wodpress, yaitu wp-contents, wp-include dan wp-admins, juga file-file yang berada di root bawaan si wordpress 2.6.

Setelah saya cuma hapus wp-admins dan wp-include. Yang wp-contents saya biarkan saja, karena isi si wp-contents ini struktur direktorinya sama saja baik versi baru atau versi lama.

Setelah itu baru saya upload si wp-admins dan wp-include, dan juga file-file direktori root dari wordpress 2.8.6. Dan setelah saya jalankan, ternyata wordpress langsung mendeteksi database dan meminta untuk mengupgrade database yang ada. Saya jawab OK, dan selesai.

Akhirnya ternyata selain tampilan sudah memiliki wordpress 2.8.6, juga kecepatan akses sudah kembali sewajarnya. hehe… entah kok sempat berat, mungkin itu bug dari versi 2.6

Pokoknya done-lah ­čÖé

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *