Tulisan ini sebenarnya bahan materi ketika mengisi saat seminar “Solusi Pendidikan Berbasis TI yang Mandiri” di SD Al Azhar pusat di depan kepala sekolah, guru dan staf pendidikan sekolah Al Azhar se-jabodetabek.
Memanfaatkan TI sebagai alat bantu belajar bukanlah hal yang mustahil. Bahkan menjadi nilai tambah tersendiri. Apalagi ketika masih kecil, anak masih mudah menangkap apa yang diajarkan. Kebanyakan menganggap bahwa menfaatkan TI sebagai alat bantu pengajaran dan perkembangan membutuhkan biaya yang tinggi, padahal itu sama sekali bisa ditepis dengan menggunakan linux dan open source. Karena banyak aplikasi-aplikasi yang mendukung bagi orang tua dan guru bagi anak didiknya.
Gcompris
GCompris adalah perangkat lunak pendidikan yang menawarkan berbagai kegiatan untuk anak usia 2 sampai 10 tahun. Gcompris hanya salah satu aplikasi dari sekian banyak yang berbasis open source.
GCompris adalah perangkat lunak pendidikan yang berisi banyak kegiatan untuk anak usia 2 sampai 10. Beberapa kegiatan berorientasi permainan, tapi tetap mendidik. Di bawah ini adalah daftar kategori dengan beberapa kegiatan di dalamnya.
- pengenalan komputer: papan ketik, mouse, berbagai bentuk mouse.
- aljabar: tabel memori, urutan, tabel pemasukan ganda, mencerminkan gambar
- ilmu pengetahuan alam: kunci saluran, siklus air, kapal selam, simulasi listrik
- geografi: menempatkan negara di peta
- permainan: catur, memori, sambung 4, oware, sudoku
- membaca: latihan membaca
- lain-lain: mengenali waktu, menyusun lukisan terkenal, gambar vektor
Saat ini GCompris berisi lebih dari 80 kegiatan dan masih terus berkembang. GCompris adalah perangkat lunak bebas, yang berarti kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kita, memperbaikinya, dan yang paling penting, berbagi dengan anak-anak lainnya.
DI Gcompris saat ini mendukung bahasa Indonesia, karena nanti saat menggunakan akan terdengar suara yang sangat mendukung permainan. Di Gcompris ini bagi anak yang masih kecil, terdapat permainan untuk melatih membaca, mengenal huruf, berhitung, menggunakan keyboard, menggunakan mouse, bermain dengan warna bahkan sekaligus belajar berbahasa inggris sejak kecil dan lain sebagainya.
Berikut ini beberapa screenshot permainan yang dimiliki gcompris :
Latihan Mouse
Warna
Aktifitas Membaca
Childsplay
Childsplay bukanlah sebuah permainan aplikasi tapi merupakan kumpulan dari permainan yang mendidik bagi anak-anak.
<!– @page { margin: 2cm } TD P { margin-bottom: 0cm } P { margin-bottom: 0.21cm } –>
Modul Permainan |
Gambar |
Deskripsi |
Usia |
Numbers |
Meletakkan operator diantara dua angka |
5-7 |
|
SoundNpic |
Sebuah mainan untuk anak kecil dengan gambar dan suara |
2-4 |
|
Packid |
Seperti permainan pac-man, dengan mencoba menangkap huruf-huruf |
4-7 |
|
Soundmemory |
Permainan memori klasik |
3-6 |
|
Fallingletters |
Permainan mengetik dengan cepat. |
4-7 |
|
Findsound |
Dengarkan sebuah suara dan temukan gambar yang sesuai |
3-5 |
|
Findsound2 |
Sama seperti Findsound (sebelumnya) tapi ini dengan angka dan huruf |
5-6 |
|
Puzzle |
Memasang gambar-gambar |
4-6 |
|
LetterFlashcard |
Belajar abjad dengan mendengarkan huruf dan berdasarkan inisial. |
1-4 |
TuxPaint
TuxPaint adalah program paint (membuat gambar) yang untuk anak usia 3 sampai dengan 12 tahun. Tuxpaint memiliki kemudahan tampilan, suara yang sesuai untuk anak-anak dan terdiri dari kartun-kartun yang mengarahkan bagi anak-anak ketika menggunakan.
Fitur-fitur
- Tampilan sederhana
- Berisi kumpulan perangkat untuk menggambar
- Lembar kerja untuk menggambar memiliki ukuran yang fixed, sehingga tidak perlu mengatur mengenai “pixel” atau “inch”.
- Tampilan seluruh program muat pada layar 640×480 dan dapat ditampilkan layar penuh (standar 800×600, tapi bisa di perbesar dan bisa diatur menggunakan potrait ataupun landscape).
- Tampilan yang Menghibur
- Efek suara yang menyenangkan saat menjalankan program.
- Kartun menggunakan Tux, akan muncul pada dibawah yang memberikan tips.
Perangkat untuk Menggambar
Kuas Gambar (Paint Brush)
- Beragam kuas tersedia.
- Orang tua atau guru bisa menambah kuas.
- Kuas bisa dianimasikan.
- Kuas dapat diubah bentuknya.
- Warna alternatif bisa dibuat dan digunakan.
Stempel (Rubber Stamp)
- Ribuan jenis stempel gambar photographic dan kartun tersedia.
- Orang tua atau guru bisa menambah stempel.
- Stempel dapat diberikan deskripsi dan suara.
- Stempel dapat diubah ukurannya, diputar.
- Di dukung gambar vektor (Scalable Vector Graphics (“SVG”)).
Alat Bantu Garis (Line Tool)
- Dengan menggunakan kuas gambar (paint brush).
Alat Bantu Bentuk (Shape Tool)
- Menggambar beragam bentuk poligonal berisi (filled) dan tidak (unfilled).
- Bentuk dapat diputar (rotate shape), fitur ini bisa di nonaktifkan.
TuxMath
Permainan perhitungan matematika “menembak” yang ditampilkan dari atas layar dan sebelum jatuh pengguna harus menjawab hasilnya. Dasar perhitungan matematika yang digunakan – pertambahan, perkalian, perkalian, dan pembagian.
Terdapat mode permainan latihan dari mulai mengenal dan mengetik angka yang ditampilkan hingga melakukan perhitungan. Seperti :
- Pengetikan
- Penambahan : angka dari 1 hingga 3.
- Penambahan : angka dari 0 hingga 5.
- Penambahan : sejumlah 10.
- Penambahan : sejumlah 15.
- Penambahan : sejumlah 20.
- Penambahan : dua digit.
- Penambahan : dengan melengkapi angka yang hilang.
- Pengurangan : angka 0 hingga 10.
- Pengurangan : angka 0 hingga 20.
- Pengurangan : dua digit.
- Perkalian : angka 0 hingga 3.
- Perkalian : dengan angka 2.
- Perkalian : dengan angka 3.
- Perkalian : dengan angka 4.
Salah satu gambar permainan menembak perhitungan :
TuxType
TuxType merupakan permainan seperti tuxmath dimana kata-kata akan ditampilkan dari atas dan sebelum jatuh ke bawah pengguna harus mengetik keyboard sesuai dengan huruf/kata yang ditampilkan. Salah satu kelebihan dari program ini kita bisa menentukan huruf atau kata yang ingin digunakan.
Dari masing-masing tipe permainan, baik berupa Fish Cascade atau Comet zap akan menawarkan tingkat kesulitan. Selain itu masing-masing tipe permainan tersebut akan memberikan pilihan untuk tipe latihan, berupa :
- Latihan jari
- Kata yang pendek
- Kata yang panjang
- Alphabet
Berikut ini salah satu tampilan yang ada di tuxtype :
Rujukan
Bako, Maria & Laszlo aszalos. 2004. Play and Learn with Gcompris.
Beamont, John. 2005. Computer Tutorials For Teachers – Using Free, Open Source Software
Tong, Tai Woo. 2004. Free / Open Source Software Education.
Information and Communications Technology For Education – A Computer Literacy Training Program.
http://gcompris.net
http://tux4kids.com
Belajar sambil bermain memang metode yang tepat dalam mendidik anak karena bisa membuat anak merasa senang saat belajar. Selain belajar, memperkenalkan linux kepada anak juga cukup tepat agar anak terbiasa dengan open source. Namun yang perlu diperhatikan juga adalah impact kedepan karena anak biasanya tidak bisa mengontrol waktu bermain 🙂