Transfer.sh : Web Berbagi File Melalui Command Line

Bagi para penggila command line tentu lebih memilih melakukan sesuatu melalui command line dibandingkan melalui GUI. Transfer.sh ini bukanlah sebuah script melainkan sebuah website sharing file yang pengunggahan (upload) nya dapat melalui command line.

Salah satu fitur yang ditawarkan transfer.sh seperti maksimum ukuran file yang dapat diupload sebesar 10GB, dan tersimpan selama 14 hari.

Untuk menggunakan transfer.sh kita perlu memerlukan paket curl yang sudah terinstall. Lalu untuk mencoba upload, kita dapat menjalankan perintah seperti :

curl --upload-file ./myfile.txt https://transfer.sh/myfile.txt

maka akan menampilkan url untuk mendownload file yang berhasil di upload

Untuk lebih memudahkan lagi, kita dapat membuat alias dari perintah ini dengan membuat script. Bukalah file .bashrc lalu tambahkan di paling bawah perintah ini :

transfer() { if [ $# -eq 0 ]; then echo "No arguments specified. Usage:\necho transfer /tmp/test.md\ncat /tmp/test.md | transfer test.md"; return 1; fi 
tmpfile=$( mktemp -t transferXXX ); if tty -s; then basefile=$(basename "$1" | sed -e 's/[^a-zA-Z0-9._-]/-/g'); curl --progress-bar --upload-file "$1" "https://transfer.sh/$basefile" >> $tmpfile; else curl --progress-bar --upload-file "-" "https://transfer.sh/$1" >> $tmpfile ; fi; cat $tmpfile; rm -f $tmpfile; }

maka selanjutnya cukup menjalankan perintah :

transfer myfile.txt

masih banyak contoh-contoh lain yang bisa dilakukan dengan transfer,sh. Anda bisa melihat langsung di web transfer.sh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *