Review Tronsmart Spunky Beat

Buat yang mencari TWS (True Wireless Stereo) yang terjangkau tapi dengan kualitas audio yang tidak mengecewakan, anda bisa mencoba Tronsmart Spunky Beat. TWS Tronsmart Spungky Beat ini dibanderol dengan harga 300-400 ribuan. Saya sendiri membeli di salah satu marketplace dengan seharga Rp 365.000 yang sedang promo. Spunky beat ini juga bukan versi awal TWS dari kepunyaan Tronsmart, sebelumnya sudah ada tronsmart onyx neo.

Berikut spesifikasi yang dimiliki Tronsmart Spunky Beat :

Model Spunky Beat
Technology Qualcomm aptX audio technology, cVc 8.0 noise cancellation technology, DSP technology
Input 5V/500mA max.
Chip Qualcomm® QCC3020, supports aptX, AAC, SBC
Bluetooth Version 5.0
Bluetooth Compatibility HFP/HSP/AVRCP/A2DP
Transmission Distance Up to 15 meters / 50 feet
Frequency 20-20K Hz
Battery Capacity Earbuds: 35 mAh; Charging case: 350 mAh
Play Time Earbud: Max 7 hours (at 50% volume level and on SBC audio format), Max 4 hours (at 100% volume level); Charging case: up to 24 hours (at 50% volume level and on SBC audio format) *Actual results may vary depending on different music genres and volume.
Standby 90 days
Charging Time Earbud: around 50 mins; Charging case: around 2 hours
Speaker Φ6mm
Impedance 16Ω
Microphone Sensitivity -42dB
EAN Code 6970232013588
Dimension Earbud: 27 x 17 x 8 mm / 1.06 x 0.67 x 0.31 inches; Charging case: 68 x 45 x 31 mm / 2.68 x 1.77 x 1.22 inches
Net Weight Earbud: 3.7g / 0.13oz; With charging case: 47g / 1.66oz
Package Contents 1 x Spunky Beat wireless earbuds with charging case, 2 x Extra eartip pairs, 1 x Charging cable, 1 x Warranty card, 1 x User manual

Melihat spesifikasi diatas seperti chip qualcomm, codec aptX, maka untuk TWS seharga 400-ribuan sudah sangat menarik.

Tulisan Lain   5 Web Pembanding Google vs Bing

Desain dan Daya Tahan Baterai

Dari segi desain Tronsmart spunky beat termasuk TWS yang compact, tidak terlalu besar ditelinga. Tersedia 3 ukuran eartips yang bisa diganti untuk disesuaikan pada telinga. Dan jika sudah terpasang tidak mudah lepas walau sewaktu berlari, namun tidak disarankan digunakan untuk berolahraga. Untuk desain case nya pun juga sangat compact, sudah include kabel usb type A dan juga tersedia colokan kabel type c. Untuk daya tahan baterai untuk TWS nya sendiri dapat bertahan hingga 5 jam, namun jika digunakan aktif misal menelpon, daya tahan baterainya akan menurun. Untuk casenya sendiri dapat melakukan charging sampai 3x. Pada casenya akan memperlihatkan sisa baterai berupa LED.

Konektifitas dan Kontrol

Bisa dikatakan kekurangan yang dimiliki pada Tronsmart Spunky Beat pada kemudahan konektifitas dan kontrol penggunaan. Untuk melakukan pairing dengan perangkat handphone dan laptop bisa dikatakan cukup mudah. Dan penggunaan ketika dipasang ditelinga maka akan otomatis pairing dan memberikan notifikasi suara. Bahkan kita tidak harus menggunakan keduanya sekaligus, cukup salah satunya maka masih dapat berfungsi. Namun saya sempat mengalami delay sinkronisasi pada TWS ini jika misalnya telat pairing. Solusinya saya coba mematikan dengan memasukkan ke dalam case dan keluarkan lagi.

Selain itu, kontrol pada Tronsmart Spunky Beat cukup tricky. Kontrolnya dapat dilakukan dengan menekan pada bagian luar, dan berfungsi untuk bagian kiri atau kanan. Memang sudah tersedia sejumlah shortcut kombinasi, berikut shortcutnya :

Namun kontrol yang saya rasakan terkadang sangat sensitif jika tidak sengaja tertekan, namun kala ingin melakukan stop/pause atau next audio justru tidak merespon.

Kualitas Audio

Sesuai dengan namanya “beat” maka suara bass nya akan terdengar sangat baik untuk TWS seharga ini. Treblenya pun juga clear dan cring. Untuk vokal pun clear walau agak sedikit forward. Separasi dan detail cukup, terdengar separasi antar instrumen. Staging cukup luas dengan tipikal surround, bukan flat. Walau bass nya baik, tapi Tronsmart Spunky Beat memiliki karakter yang cenderung warm. Dari beberapa review lain mengenai tronsmart spunky beat pun mengatakan untuk TWS seharga 400.000-an sudah melebihi ekspektasi dikelasnya.

Tulisan Lain   Meningkatkan Kualitas Audio di Android dengan Mod Ac!d Audio Engine

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *