Review Xiaomi Amazfit Bip : Smartwatch Murah dengan Fitur Melebihi Harga

Adakah smartwatch murah tapi memiliki fitur yang mumpuni, bukan sekedar ada tapi berfungsi optimal?ada, xiaomi amazfit bip. Xiaomi terkenal dengan mengeluarkan perangkat yang memiliki fitur melimpah namun harga tetap terjangkau. Beberapa fitur andalan seperti baterai tahan lama, GPS, IP68 dan notifikasi itu terdapat pada amazfit bip. Namun mari kita bahas satu per satu

Review :

Desain

Bisa dibilang desain amazfit bip ini sangat mirip apple smartwatch, berbentuk kotak dengan sudut yang bundar. Bahkan teman yang melihat saya memakai jam ini, mengira ini adalah apple smartwatch. Perbedaannya tentu bahan yang digunakan. Amazfit bip ini menggunakan bahan plastik polycarbonate membuat beratnya sangat ringan namun tidak membuatnya ringkih tetap kuat. Saking ringannya terkadang seperti tidak menggunakan smartwatch.

Tali yang digunakan berupa silikon yang kuat. Semakin membuatnya menjadi ringan. Walau begitu tetap kuat. Talinya pun dapat diganti, terdapat beberapa pilihan warna bahkan ada juga yang menjual tali bermotif.

Layar Tampilan

Besar layanya 1.28 inch, tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil. Resolusi yang dimiliki sebesar 176 x 176px dan berwarna. Membuatnya tampilannya retro, namun tetap bagus. Lapisan layarnya pun sudah dilengkapi gorilla glass screen. Layarnya pun juga responsif menyentuhnya setiap kali mencoba berganti tampilan. Terdapat hanya ada satu tombol yang berada di sisi kanan jam yang berfungsi melihat  dan berganti menu. Selain itu fitur layarnya selalu menyala, membuat kita dengan mudah melihat jam di layar tanpa harus menghidupkan layar dengan menekan tombol. Brightnessnya dapat diatur. Tapi saya jamin dengan brightness default sudah cukup untuk melihat tampilan pada layar.

Fitur

Seperti kebanyakan smartwatch, amazfit bip memiliki aplikasi pelengkap yang bisa diinstall pada android atau iphone, nama aplikasinya adalah Mi Fit, koneksi yang digunakan adalah bluetooth. Fiturnya pun cukup lengkap seperti :

  • Heart monitoring
  • Sleep montoring
  • Fitness tracking yang juga dilengkapi A-GPS. Setting goal
  • Notifikasi, dari sms, panggilan masuk atau aplikasi Whatapp, BBM dan sejenisnya. Kita bisa membaca pesan yang masuk tersebut.
  • Tahan air dengan sertifikasi IP68. Namun tidak disarankan dipakai saat berenang.
  • Watchface. Jika bosan dengan tampilan yang ada, dapat dengan mudah dengan tampilan yang lain. Bahkan pilihannya bisa mencapai ratusan dengan bantuan aplikasi tambahan.
  • dan fitur kecil seperti alarm, membunyikan perangkat dan sebagainya

amazfit bip watchface

Daya Tahan Baterai

Salah satu nilai keunggulan amazfit bip ini baterai. Dengan kapasitas 190 mAh. Dengan layar yang selalu menyala, amazfit bip ini mampu bertahan 30 hari bahkan dengan fitur standar bisa mencapai 45 hari. Kebanyakan smartwatch perlu men-charge 2-3 hari, paling lama 7 hari. Jadi amazfit dengan daya tahan yang lama, wow!.

Kesimpulan

Amazfit bip bisa dikatakan worthed. Buat yang mencari smartwatch fitur mumpuni, daya tahan baterai kuat, tampilan berwarna walau retro, ada banyak pilihan watchface, maka amazfit bip jadi pilihan yang menarik. Walau tidak ada NFC, saya rasa wajar dengan harga yang ditawarkan tanpa adanya NFC.

Wearable Amazfit Bip
Screen Size 1.28 Inch
Pixel Density 195
Screen Resolution 176√ó176
Screen technology Corning Gorilla Glass 4
Thickness 13mm
Weight 31 grams
Material Plastic / Glass
Colours Available Black, Green, White, Red
Bluetooth 4.0
GPS GPS + GLONASS
IP Rating (Water, dust) IP68
Sensors Heart rate, Pedometer, Sleep monitor
Barometer, GPS, Accelerometer, Compass
Notification Vibrate
Battery Life 30-45 days
Battery Size 190mAh (non-removable)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *