Melakukan SSH Melalui Web Browser

Ini bukan berupa tutorial bagaimana menjalankan SSH melalui web browser, karena memang hanya tinggal menjalankan saja. Bagi yang sering berkutat dengan server, terhubung ke server merupakan kegiatan sehari-hari. Dan kebanyakan terhubung secara SSH melalui aplikasi bawaan OS baik berupa terminal atau aplikasi SSH umumnya seperti putty.

Namun adakalanya (mungkin) aplikasi tersebut bermasalah atau kita menggunakan komputer yang berbeda sehingga tool-tool yang biasanya kita gunakan tidak tersedia atau tidak berfungsi sesuai keinginan kita, dan kita memerlukan alternatif lain, maka aplikasi SSH melalui browser dapat menjadi alternatif Anda.

Aplikasi SSH via browser memang berupa aplikasi SSH Client yang diinstall pada browser seperti plugin/extension, jadi hanya browser-browser tertentu yang sudah menyediakan aplikasi ini. Berdasarkan informasi yang saya baca, bahwa SSH client di browser ini bisa digunakan di chrome dan google. Saya sendiri sudah menggunakan di chrome browser, dan belum menggunakan di firefox.

Caranya pun sangat simple. Anda cukup mencari di chrome app, search dengan kata kunci SSH, maka akan menampilkan aplikasi ssh yang tersedia di browser chrome. Selain itu, anda perlu memiliki Java based pada OS anda, karena aplikasi ssh di browser membutuhkan adanya java applet.

Di chrome saat saya mencoba terdapat lebih dari satu aplikasi, yaitu :
1. secureshell
2. firessh
3. neorouter access client free

Dan yang sudah saya coba yaitu secureshell. Anda tinggal menginstall dan menggunakan layaknya aplikasi SSH, dan voila!. Secureshell ini masih beta, jadi maklum jika ada bugs, namun untuk mengoperasikan perintah-perintah umum saya rasa tidak ada masalah.

Kelebihannya, jika anda sedang browser dan butuh untuk melakukan koneksi SSH, maka anda cukup berpindah tab alhasil jadi lebih cepat untuk menggunakan SSH.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *