Paranoid-Android Rom : Rom Hybrid Mode (Phone & Tablet) Jelly Bean di Galaxy Note (N-7000

Pada android biasanya terbagi atas dua jenis mode, yaitu phone mode dan tablet mode. Phone mode seperti pada kebanyakan perangkat smartphone standar yang kita gunakan dan tablet mode lebih besar standar smartphone yang biasa dengan tampilan layar 7 inch seperti galaxy tab, nexus 7, acer iconia tab, dsb. Perbedaan mode tersebut memiliki perbedaan tampilan karena memiliki DPI (dot per inc) yang digunakan pada layar.

Namun di Paranoid Android bukan hanya mengubah phone mode menjadi tablet mode, karena Paranoid Android bukan melakukan perubahan pada file  build.prop. Paranoid Android mengklaim sebagai rom satu-satunya dan pertama kali dengan fitur Hybrid mode.  Dengan Paranoid Android anda dapat mengubah skala setiap aplikasi, widget, bahkan komponen sistem secara individual. Android adalah modular, semua yang berada di aplikasi seperti: Lockscreen, navigationbar, dialogs, popups, keyboards, widgets, dan aplikasi regular mempunyai kemungkinan untuk diubah desain atau layout mengikuti device yang dijalankan. Hal ini dapat menawarkan pengalaman yang berbeda karena aplikasi yang menjadi lebih baik

Dengan paranoid android, anda bebas untuk mengatur mode yang digunakan, ukuran DPI, layout.

Sebenarnya paranoid android rom ini bukan hanya tersedia untuk galaxy note, tapi karena saya menggunakan galaxy note maka saya akan memaparkan menggunakan paranoid android rom di galaxy note. Sementara untuk cek ketersediaan perangkat lain bisa dicek di sini

Saat ini Paranoid Android sudah tersedia di versi jelly bean namun bukan dari stock karena memang belum ada versi resminya untuk galaxy note, melainkan dari cyanogenmod 10 yaitu Paranoid 2.x. Di forum xda-developer terdapat 2 thread yang membahas ini. Thread yang pertama merupakan resmi dari paranoid-rom yang dimaintain oleh imilka mengikuti setiap rilis resmi paranoid rom. Sementara thread yang kedua oleh utacka yang hampir setiap hari dirilis berupa nighlies mengikuti setiap perubahan dari CM10 nightlies. Namun keduanya memiliki cara yang sama dalam meng-install. Hanya berbeda source rom nya.

Tulisan Lain   Melakukan Migrasi Flutter Menggunakan AndroidX

Untuk thread dari imilkahttp://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1797698

Untuk thread dari utackahttp://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1871713

Langkah-langkah:

  1. Pastikan anda berada di CM9/CM10 atau rom dengan basis AOSP. Flash dari stock ICS atau rom berbasis ICS dapat membuat menjadi brick!
  2. CWM:  Anda perlu melakukan FULLWIPE jika anda berasal dari rom yang berbeda. Jadi lakukan backup tentunya.
  3. CWM: Install Zip: Rom: Jika yang berbasis resmi imilka cek di sini atau dari utacka cek di sini (pilih salah satu)
  4. CWM: Install Zip: Gapps: Download (find the latest one that carries the “jb” tag)
  5. CWM: Wipe Cache Partition
  6. CWM: Advanced/Wipe Dalvik Cache

 

Selanjutnya anda dapat mengubah setting paranoid di menu setting paranoid rom setting.

done 🙂

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *