PHP Bug Lost : Satu Script File Untuk Debug PHP

Dalam pengembangan web adakalanya kita memerlukan debug untuk mengetahui proses yang berjalan di belakangnya, atau memang untuk mengetahui apa yang menyebabkan web tidak berjalan seperti seharusnya. Melakukan debug merupakan menjadi hal yang dibutuhkan jika terjadi hal seperti itu. PHP Bug Lost merupakan satu script file yang berfungsi untuk men-debug dan me-monitor pada file PHP. PHP Bug Lost bersifat free dan open source.

Caranya penggunaan cukup sederhana, yaitu hanya memanggil (include) 1 file script PHP Bug Lost pada file PHP yang ingin kita debug, lalu nantinya pada web browser akan terlihat berupa tool bar pada sisi bawah sebagai console yang menampilkan informasi yang berjalan.

PHP Bug Lost mampu menampilkan beragam informasi debug yang berkaitan dengan custom logs, SQL query, variables, Ajax query dan memperhitungkan waktu load + CPU / memori yang digunakan.

PHP Bug Lost bukan hanya berfungsi pada sisi development, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk memonitor dengan mampu mengirim email secara otomatis dengan menagatur kondisi jika terjadi nilai proses yang terlalu tinggi atau rendah diluar perkiraan / standar yang sudah ditentukan.

Requirementnya :

  • Berjalan di PHP5
  • Untuk SQL hanya untuk MySQL
  • Membutuhkan browser yang mengaktifkan javascript
  • Resolusi 1024×768

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *