Kepada Android Developer dari Google : Hentikan Penggunaan Tombol Menu

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan di sini dan di sini, dari si Scott Rims, bahwa google meminta pada pengembang android untuk “menghentikan” penggunaan yang mengutamakan penggunaan tombol menu pada perangkat android, melainkan mulai “memigrasikan” ke penggunaan action bar. Hal ini mengingat bahwa android dengan versi di bawah HoneyComb selalu menyertakan fungsi tombol menu. Yang mana jika kita tekan maka akan menampilkan options menu yang terkait aplikasi yang sedang kita buka. Sementara mulai android versi Ice Cream, google lebih mengutamakan penggunaan action bar. Action bar sendiri bukan fungsi baru, melainkan juga sudah tersedia sejak android versi lama.

Dengan memigrasikan penggunaan tombol menu ke action bar, google mengharapkan dapat berdampak untuk meningkatkan “kekonsistensian terhadap user experience pengguna android”.

Memang, keterbukaan pada sisi OS android mengakibatkanya banyak manufaktur dan pengembang dengan mudah mengubah terhadap standar penggunaan menu, dan menunjukkan masing-masing manufaktur mempunyai standar penggunaan yang berbeda, dalam kata lain, ketidakkonsistenan user experience dalam penggunaan android. Jadi penggunaan action bar, diharapkan google meningkatkan user experince android.

Untuk merubah atau mendukung action bar ini dinyatakan oleh google dengan sederhana.

If I had to put this whole post into one sentence, it’d be: Set 

targetSdkVersion

to 14 and, if you use the options menu, surface a few actions in the action bar with 

showAsAction="ifRoom"

.

Hmm, kelihatannya cukup sederhana ya 😀 . Jika google meminta ini, tentu pengembang android mulai berpikir untuk menghentikan pengguna hardware tombol menu dan bergantung padanya dalam mengembangkan aplikasi. Jadi, activies yang dikembangkan menjadi seharusnya mendukung tombol tersendiri baik itu di action bar (atau di manapun selama di layar).

Yah, mungkin butuh sedikit effort. Bagi yang ingin membaca lebih jelas sebaiknya ke sini. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *