eQuake Alert : Update Informasi Gempa Dari Internet

Gempa merupakan topik hangat dibicarakan saat ini. Karena belum lama ini negara kita sedang berduka, ditimpa gempa di daerah sumatra barat dan sekitarnya. Dan tahukah, bahwa sebenarnya sangat sering terjadi gempa walau sebenarnya dengan skala kecil hingga tidak terasa. Ini terjadi di negera kita semenjak peristiwa tsunami aceh 2004. Seolah-olah peristiwa tersebut merupakan pemicu. Apalagi mengingat Indonesia merupakan negara yang sebagian besar dikelilingi perairan.

Selain di Indonesia, banyak juga terjadi gempa bumi lainnya di negara lain. Dan sebagian besarnya memang skalanya masih skala kecil. Dari bentuk skala getaran gempa di bagi atas :

Magnitude Classification
0 – 3 Micro
3 – 3.9 Minor
4 – 4.9 Light
5 – 5.9 Moderate
6 – 6.9 Strong
7 – 7.9 Major
8 and higher Great

Sekarang, kita bagi yang memiliki koneksi internet dapat segera mengetahui ketika gempa terjadi dimana saja. Itu dapat diketahui dengan menggunakan add on / plugins untuk mozilla firefox, dengan nama eQuake Alert yang dapat didownload di https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/2239

Dengan plugin tersebut, kita segera bisa mendapatkan info gempa yang terjadi. Info tersebut di dapatkan melalui rss yang dari USGS (US Geological Survey) (http://earthquake.usgs.gov/eqcenter/catalogs/eqs7day-M2.5.xml) dengan interval default itu 5 menit. Itu ditandakan browser firefox anda akan bergetar jika ada gempa. Jika skala gempa nya besar, maka getaran browser pun akan semakin besar. Plugin tersebut bisa dilihat disisi kanan bawah. Dengan memperlihatkan waktu gempa, skala dan tempat terjadinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *