Berdoa

Sehebat apa pun keahlian Anda. Sekeras apa pun kerja Anda. Seteliti apa pun perencanaan Anda. Selihai apa pun strategi Anda. Dan sebanyak apa pun uang dan fasilitas yang Anda miliki. Semuanya tidak akan maksimal tanpa didukung dengan doa. Sepertinya di dunia ini tidak ada orang yang tidak berdoa. Masalahnya ada yang berdoa kepada Allah. Tapi tidak sedikit yang berdoa kepada sesama manusia, kepada berhala, laut, sungai, gunung, hewan dan tumbuhan. Tapi ada juga yang tidak berdoa sama sekali.

Walau begitu, hal itu menunjukkan bahwa doa memang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Rasulullah saw sangat memahami hal ini. Karena itu Rasulullah banyak berdoa. Bahkan beliau beristighfar setiap hari tidak kurang dari 70 kali hingga 100 kali.

Beliau mengajarkan doa-doa kepada kita untuk menyempurnakan keberhasilan. Untuk melahirkan rahmat dan berkah dari Allah Yang Maha Kuasa. Sepertinya tidak ada satu pun aktivitas yang tidak kita temukan tuntunan doanya dari Rasulullah. Mulai dari kasur, tempat tidur, dapur, kamar mandi, makan-minum, keluar-masuk rumah, tidur, memakai pakaian, naik motor, bekerja hingga perang, semuanya ada doanya.

Allah berfirman,

Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. “(Al Baqarah : 186).

Diambil dari buku : Rasulullah Way of Managing People, Haryanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *