Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Perubahan jaman selalu diiringi adanya perubahan dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebab banyaknya perubahan dalam aktivitas sehari-hari adalah perkembangan teknologi yang sangat cepat. Perubahan teknologi membuat dan mendorong gaya hidup yang baru pula, dan tentunya berpengaruh terkait dengan pekerjaan. Banyak pekerjaan yang dulu ada namun saat ini sudah tidak ada atau tidak populer. Berbanding lurus dengan munculnya banyak profesi kerja baru yang sebelumnya belum ada. Apa sajakah itu?

Blogger

Blogger mungkin bukan hal yang baru sebenarnya dibanding yang lain, karena blogger lahir tidak lama setelah adanya teknologi web. Tapi siapa yang menyangka bahwa blogger bisa menjadi sebuah profesi yang mendatangkan penghasilan yang tidak sedikit jika ditekuni dengan serius. Dengan mereview produk, jasa atau memberikan informasi dan content yang menarik akan mendatangkan penghasilan yang menarik.

Social Media Manager

Berkembangnya media sosial menjadi rutinitas sehari-hari menjadi salah satu fokus para perusahaan/institusi untuk memanfaatkannya. Oleh karena itu, bagi perusahaan yang jeli, biasanya memiliki akun sosial media sebagai salah satu perwakilan perusahaan, dan tentunya untuk menanganinya membutuhkan profesi untuk mengatur agar membawa nilai benefit bagi perusahaan.

Social Media Influencer

Jika sosial media manager lebih bersifat “resmi” dari perusahaan, maka ada sosial media influencer yang bisa dijalankan secara wirausaha / independent, atau biasanya ada tim dibelakangnya. Dan biasanya mereka adalah artis atau populer di sosial media. Dengan maraknya penggunaan sosial media, maka banyak perusahaan/institusi memanfaatkan follower seorang artis/populer untuk menjadi influencer untuk meningkatkan brand mereka.

Youtuber

Dampak dengan adanya platform youtube dan koneksi internet yang semakin baik. Menjadi pemicu banyaknya peminat untuk mencari informasi dan hiburan berupa video. Dengan adanya platform youtube mendorong mudahnya content berupa video untuk di publikasikan dan menjaring banyak penonton. Bisa dibilang profesi youtuber merupakan salah satu profesi yang berpotensi mendapatkan penghasilan yang cukup besar, tentu diiringi dengan ketekunan, kreatifitas yang tinggi.

App/Mobile Developer

Profesi ini berkaitan langsung dalam bidang IT. Sejak populernya perangkat mobile berupa smartphone digunakan maka kebutuhan dan peluang penggunaan aplikasi mobile semakin besar. Platform teknologi berupa iOS, Android, Windows. Bahkan teknologi didalamnya juga masih terus berkembang seperti objective-C, swift, Java, Kotlin, React Native, Xamarin dan Flutter.

Drone Pilot/Operator

Drone merupakan pesawat tanpa awak. Drone pada awalnya hanya digunakan dan dimiliki oleh perusahaan/institusi tertentu dan pemilik eksklusif, karena selain mempunyai fungsi tertentu tapi juga harganya yang tidak murah. Namun seiring waktu, banyak perusahaan teknologi membuat drone dengan harga yang tidak tinggi sehingga lebih mudah dimiliki dan fungsionalitas yang lebih beragam. Akhirnya banyak yang menggunakan drone sebagai tools dokumentasi, video, bahkan juga untuk bidang pertanian misalnya untuk menebar benih

Ojol Driver

Ya, memang kalau supir taksi (offline) sudah dari dulu ada. Namun siapa yang menyangka bahwa profesi driver kendaraan online menjadi primadona (sempat atau masih?). Bahkan pada saat awal diimplemenatasikan, penghasilan yang didapatkan cukup besar, akhirnya banyak mau bergabung, namun semakin lama efek negatifnya jadi banyak kompetitor baik dalam satu perusahaan yang sama. Apakah ke depannya masih menarik? kita lihat saja.

SEO Analyst

SEO atau Search Engine Optimization lahir karena memanfaatkan media website menjadi media promosi, marketing. Untuk memudahkan agar website brand mudah dijangkau atau ditemui, maka ilmu SEO wajib dimiliki. SEO ini tidak terlalu teknis, jam terbang mungkin akan sangat berpengaruh bagi mereka yang suka ngulik website agar dapat tampil di rangking favorit search engine.

Data Analyst

Perusahaan barang dan jasa saling berlomba untuk menggaet konsumen. Untuk menjadi yang terdepan, perusahaan harus selalu menganalisa perilaku konsumen berupa data berdasarkan konsumsi mereka terhadap produk dan jasa. Data tersebut didapatkan bagaimana mereka menggunakan website, barang yang dibeli, kapan mereka melakukan pembelian tersebut, sehingga perusahaan dapat menerapkan strategi yang semakin memanjakan konsumen.

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *