How To : Import Project Gradle di Eclipse untuk Android

Android saat ini sepertinya didorong pengembangannya lebih menggunakan Android Studio. Padahal saya sejak awal sudah nyaman menggunakan eclipse. Dan yang menjadi masalah project yang dibuat di Android Studio tidak bisa langsung dapat digunakan di eclipse, yang dimana pengembangan di Android Studio berbasis Gradle. Saya sendiri tidak mengetahui secara detail mengenai gradle ini, namun yang pasti membuat project gradel based tidak langsung kompatibel di eclipse. Tapi bukan berarti tidak bisa. Begini caranya …

1. Install plugin gradle di eclipse. Itu ada di sini https://marketplace.eclipse.org/content/gradle-integration-eclipse-0. Cara instalasi disitu, cukup drag n drop tombol install ke eclipse Anda, maka akan mengecek paket dan selanjutnya menjalankan instalasi paket tersebut.

2. Pada root project berbasis gradle pastikan Anda memiliki file local.properties yang berisi menyatakan letak sdk android anda. Jika menggunakan windows, maka penulisannya disarankan menggunakan :

1
sdk.dir=D\:\\development\\android-sdk\\sdk

jika menggunakan linux bisa seperti ini :

1
/home/user/android/sdk

3. Jika sudah, maka importlah project gradle Anda. Caranya File – Import – Gradle – Gradle Project. Lalu browse letak project Anda.

4. Tekan tombol Build Model, maka akan melakukan instalasi, dan tekan finish.

Tulisan Lain   Mengubah Android 4.0 (ICS) di Emulator Menjadi Tablet Mode

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *