Review Nubia Z17 Mini : Android Kelas Menengah Stylish Dual Kamera

Nubia Z17 mini ini bisa dibilang smartphone pertama nubia dengan dual kamera, tapi entah kenapa yang dirilis resmi duluan di Indonesia justru Nubia M2 yang sama-sama dual kamera. Padahal Nubia M2 dirilis belakangan di negara asalnya. Nubia Z17 mini memiliki kode model NX569J. Saat tulisan ini dibuat model tersebut sudah terdaftar pada web sertifikasi postel, yang menandakan tidak lama lagi akan rilis resmi di Indonesia.

Sebagai permulaan, Nubia Z17 mini terdiri dari dua versi dengan RAM 4 GB dengan processor snapdragon 652, dan RAM 6 GB dengan processor snapdragon 653. Sementara jeroan lainnya sama. Dan perangkat yang saya miliki adalah RAM 4 GB dengan processor 652. Layar Z17 mini lebih kecil dibanding versi M2, yaitu hanya 5.2.

Desain dan Build

Nubia Z17 mini menawarkan beberapa varian warna, yaitu  hitam-emas, putih emas, hitam-merah, hitam-hitam dan yang terbaru hitam-biru. Kebetulan saya menggunakan hitam-emas, dan saya merasa puas dengan tampilan warna hitam-emas. Walau katanya hitam-hitam lebih elegan lagi, tapi sayangnya untuk hitam-hitam hanya tersedia untuk ram 6GB, dan keliatan warna hitam-merah dan hitam-biru juga sangat menarik. Bahan yang digunakan adalah metal solid sehingga terlihat elegan dan stylish.

Kecepatan dan Kapasitas

Dengan RAM 4 GB sudah cukup mumpuni melahap berbagai jenis aplikasi jalan bersamaaan dan menjalankan aplikasi berat tanpa kesulitan. Walau masih kalah dengan processor snapdragon terbaru 835, tapi processor snapdragon 652 sebagai processor kelas menengah sudah cukup bagi saya untuk aktivitas sehari-hari, seperti melakukan browsing, sosial media (facebook,instagram), whatsapp. Walau kapasitas baterai cuma 2950 mAh tapi dengan processor dengan konsumsi irit membuat pemakaiannya seperti memiliki baterai 3000-an mAh.

Konektivitas

Nubia Z17 mini sudah mendukung 4G dengan dual-hybrid SIM, tersedia juga slot untuk microsd yang support sampai 256 GB. Namun karena hybrid anda harus memilih salah satu, menggunakan dua sim atau 1 sim ditambah microSD. Dual sim yang ditawarkan jika dipasang keduanya sekaligus, maka yang satu akan berada di jaringan 4G, maka satu lagi hanya berjalan di 2G. Kabel charge/data yang digunakan bukanlah micro usb tapi type c, dan sudah support USB On The Go. Sudah tersedia fitur NFC dan fingerprint yang berada di cover belakang. Fitur fingerprint berfungsi cepat mengenali sidik jari yang sudah didaftarkan.

Kamera

Banyak yang mengatakan keunggulan Z17 mini adalah dari segi kamera. Fungsi dual kamera yang diterapkan di nubia Z17 mini, adalah dimana satu kamera sebagai RGB dan satu lagi sebagai kamera monokrom (hitam-putih). Sementara untuk kamera depan sebesar 16 megapixel dan tersedia fitur seperti beutify. Selain spesifikasi kamera yang dimiliki, aplikasi kamera bawaan nubia yang disebut NeoVision menawarkan untuk kemudahan dan meningkatkan kualitas gambar yang diambil. Untuk pengambilan gambar dengan terang atau cahaya yang cukup, maka Z17 mi menghasilkan hasil gambar yang bagus dikelasnya. Namun untuk pengambilan kamera dikondisi kurang cahaya, maka noise masih mudah terlihat. Semoga pada versi neovision terbaru nanti bisa lebih baik.

Beberapa fitur dari aplikasi neovision diantaranya adalah : potrait, multiexpo, lightdraw, e-aperture, slo shutter, star trail, trajectory, DNG/raw, Clone, time-lapse, slomo, panorama, mono, macro, 3d camera, time shuttle. Banyak sekali bukan, fitur tersebut masih jarang ditemukan di device atau brand lain. Dengan kamera dual kamera, salah satu fitur yang populer saat ini adalah bokeh (background blur), hal tersebut di Nubia Z17 mini bisa dilakukan pada fitur potrait, kelebihannya dibanding device lain yang memiliki fitur bokeh adalah setelah foto diambil, kita masih bisa menentukan fokus/blur yang dihasilkan.

Software

Ketika pertama kali mendapatkan Nubia Z17 mini versi android yang terpasang masih versi 6.0.1 (marshmallow), walau infonya akan ada update ke versi 7 (nougat). Sementara user interface (UI) yang digunakan adalah Nubia UI versi 4.0. Menurut saya, untuk tampilan aplikasi UI-nya mirip dengan MIUI milik xiaomi. Untuk versi firmware terbaru saat ini ada versi 2.10 untuk versi global/internasional. Selain itu juga tersedia firmware versi china, Nubia UI versi 5.0. Untuk update bisa melalui sistem notifikasi, atau bisa juga download di website nubia dan update secara manual.

Kelebihan :

– Stylish dan build quilitynya bagus.
– Dual kamera dan aplikasi neovision yang lengkap.
– Fitur NFC

Kekurangan

– Baterai kecil walau masih mumpuni seharian
– Update software/firmware yang termasuk telat/jarang

Kesimpulan :

Bagi anda pengguna sehari-hari tanpa mempermasalahkan update software, nubia Z17 mini ini sudah lebih dari cukup, dengan ram 4GB dan kapasitas 64GB dan fitur kamera yang lengkap,ditambah adanya NFC, maka tidak ada permasalahan yang berarti. Tapi bagi anda yang suka ngoprek atau mengikuti update terbaru dari android mungkin bisa memilih brand yang lain. Jika saja Nubia rajin seperti brand lain melakukan update software, mungkin bisa menjadi device yang kompetitif.

tulisan ini sudah pernah di post di

http://www.pricebook.co.id/ZTE-Nubia-Z17-Mini-RAM-4GB/40/PD_00064008

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *