Perbedaan Menggunakan Raw Query dan Query Builder

Saat ini sudah banyak beragam query builder yang dapat digunakan, beberapa diantaranya sudah saya sempat tulis. Query builder penerapannya berbasis PDO berbeda dengan raw query yang merupakan menjalankan query pada umumnya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan antara menggunakan raw query dan query builder.

– Raw query menggunakan memeri yang lebih sedikit dibanding query builder. Ini dikarenakan query builder memanggil fungsi lain dan fungsi tersebut digunakan pada RAM memeori.
– Raw query bisa dikatakan kurang aman dalam hal mencegah sql injection, yang dimana dalam query builder sudah terimplementasi ketika melakukan eksekusi sql.
– Raw query dapat memiliki kesulitan bagi yang tidak mengetahui pengetahuan mengenai SQL, sedangkan query builder dapat menangani query yang sederhana atau kompleks.
– Menjalankan raw query yang salah dapat menyebabkan pemakaian memori yang berlebihan dan menyebabkan crash pada sistem, sedangkan pada query builder sudah dioptimasikan untuk menggunakan dan menjalankan query yang kompleks dengan cara yang efisien.
– Raw query terkadang diperuntukkan untuk engine yang spesifik/tertentu, sedangkan query builder dibuat menjalankan query untuk beragam engine.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *