Android Fix: Error 24 during app installation in Google Play

Dengan hadirnya versi terbaru dari android yaitu versi KitKat, ternyata membawa banyak pengaruh dalam penggunaan play store. Sesungguhnya versi KitKat membawa perubahan yang lebih baik dalam penggunaan android, hanya saja karena perubahan tersebut memberi pengaruh pada environment aplikasi yang berjalan berdasarkan versi sebelumnya. Salah satu error yang terjadi misalnya ketika Anda mencoba menginstall atau mengupdate aplikasi melalui play store, yaitu muncul error berupa “Unknown error code during application installation : -24”.

android-error-24-google-play

Error -24 ini dikatakan disebabkan oleh implementasi ART (android run time) pada aplikasi yang baru diterapkan pada android kitkat. Sementara kebanyakan aplikasi masih menerapkan mekanisme Dalvik, sehingga menyebabkan error tersebut. Salah satu aplikasi yang dipengaruhi adalah aplikasi whatsapp, karena whatsapp belum menerapkan mekanisme ART.

Cara 1 (Butuh root):

Install file manager seperti Root Manager
Browse pada internal storage pada aplikasi yang mengalami error seperti : android/data/com.whatsapp
Hapus direktori com.whatsapp…
Lalu install lagi whatsapp dari google play

Cara 2: Menghapus Junk Files dengan aplikasi Cleanmaster

Install cleanmaster
Uninstall Whatsapp
Jalankan Cleanmaster, cari Junk files dan bersihkan. (pastikan bahwa anda melakukan pengecekkan junk files yang ingin Anda hapus, karena mungkin ada data-data milik anda yang tercari)

Cara 3: Ekstrim

Cara ini dijalankan jika kedua cara diatas tidak berjalan, dan cara ini ekstrim yaitu dengan melakukan factory reset. Dan tentu, sebaiknya anda melakukan backup terlebih dahuu terhadap data dan aplikasi anda.

 

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. dimas berkata:

    sumpah berhasil,,,, keren infonya gan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *