Home / Android / Share via Http : Berbagi File dengan Cara Berbeda di Android

Share via Http : Berbagi File dengan Cara Berbeda di Android

Berbagi file di android bisa dilakukan berbagai macam. Namun masing-masing memiliki keterbatasan atau requirement untuk melakukan berbagi. Beberapa metode yang bisa dilakukan untuk berbagi file misalnya :

1. Melalui kabel data. Butuh kabel data. Bagaimana jika kabel data tidak ada?

2. Melalui bluetooth. Butuh koneksi bluetooth untuk kedua perangkat. Bagaimana jika salah satu koneksi bluetooth error?

3. Melalui wifi/LAN. Butuh dalam satu jaringan. Bagaimana jika berada dalam beda jaringan?

4. Melalui FTP. Butuh FTP server. Bagaimana jika tidak memiliki FTP server dan sulit konfigurasi (username, password, host, etc)

Dan kebetulan yang saya alami kesulitan untuk menggunakan ke-4 metode diatas atau bisa dibilang memang tidak ada. Ya memang bisa saja menaruh file di storage online, lalu kita download. Tapi menurut saya langkahnya tidak sedikit (butuh account). Saya memerlukan langkah yang lebih simple.

Akhirnya saya coba searching di play store, dan menemukan aplikasi yang berguna, yaitu share via http. Satu-satunya requirement yang dibutuhkan aplikasi ini adalah koneksi internet pada kedua perangkatm dan langkahnya pun sangat sederhana.

Anda cukup memilih file atau multiple file atau direktori, lalu pada share menu pilih share via http. Jadi, aplikasi ini tidak akan muncul pada app drawer anda. Melainkan tersedia pada menu share.

Aplikasi ini akan membuka HTTP Server yang selanjutnya bisa didownload oleh siapa saja. Url yang dihasilkan selalu berupa IP address phone  anda beserta port 9999.Misal: http://10.1.1.100:9999/

share2  share via http

Aplikasi ini open source bisa di lirik ke  https://code.google.com/p/share-via-http/ dan untuk play store ada di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.MarcosDiez.shareviahttp&hl=en

 

 

About alfach

Check Also

picasso

Menampilkan Image/Gambar dari Url Pada Android Menggunakan Picasso

Menampilkan image pada android merupakan hal yang gampang-gampang susah apalagi jika image tersebut diambil dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>