Home / Coretan / Kelemahan Yang Menyadarkan

Kelemahan Yang Menyadarkan

Kita memerlukan stress, untuk tahu apa itu ketenangan. Kita memerlukan musibah, untuk bisa tahu apa itu ni’mat. Kita memerlukan penderitaan untuk bisa tahu apa itu kesenangan yang sebenarnya. Kadang manusia itu tidak bisa melihat Allah pas kaya, pas seneng. Makanya Allah coba dia dengan kesusahan. Siapa tahu, dengan jalan kesusahan, manusia tersebut bisa melihat Allah, mau mengenal-Nya dan mau mendekati-Nya. Maka jadilah kita butuh stress untuk tahu apa artinya ketenangan. Bahkan kita perlu dibuat sakit, untuk tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan.

“Makanya, kalau engga kepengen kita melihat, mengenal dan mendekati-Nya dalam kesusahan, buru-buru sekarang kita melihat, mengenal dan mendekati-Nya. Artinya, pas kaya, cepet-cepet ingat Dia, benahi kelakuan, jangan sombong, jangan zalim. Pas sehat, cepet-cepet menegakkan punggung buat shalat, cepat-cepat merelakan dahi untuk sujud. Supaya tidak disadarkan dengan penyakit. Pas mampu, buru-buru dah kita inget-inget ama yang kagak mampu. Dengan begini, kita tidak perlu dicabut kesenangan kita, kekayaan kita. Soalnya Allah menganggap, tidak perlu membuat kita susah, membuat kita jatuh miskin, atau membuat kita sakit yang berlebihan. Toh, tanpa ‘diingatkan’ Allah, kita udeh inget Dia duluan.”

“Dan janganlah kamu berlaku seperti orang-orang yang melupakan Allah, maka Allah menjadikan mereka lupa pada diri mereka sendiri…” (al Hasyr: 19).

Ya Allah, Engkau Maha Pengampun atas apa yang sudah kami perbuat. Berilah kami ampunan-Mu ya Rabb, sehingga Engkau menarik betapa pedihnya azab-Mu yang kami rasakan saat ini, hingga Engkau ganti azab-Mu ini dengan kenikmatan yang pernah kami rasakan sebelumnya. Maafkan kami, ya Rabb, atas uang kami, makanan kami, dan perbuatan kami yang sangat Engkau Murkai, padahal kami tahu sebelumnya bahwa semua itu adalah haram dikerjakan. Segala maaf dan ampunan-Mu, sangat berarti buat kami. Sungguh kami sudah benar-benar taubat dan segera memperbaiki diri. Aamiinn…

oleh : Ustad Yusuf Mansyur

About alfach

Check Also

Manfaat Orang yang Pendiam atau Tidak Banyak Bicara

Banyak sekali populasi di dunia ini, dan tidak sedikit juga orang yang memiliki sifat pendiam. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>