Home / Security / 8 Fitur Keamanan Yang Perlu Diterapkan Dalam Mengakses Web

8 Fitur Keamanan Yang Perlu Diterapkan Dalam Mengakses Web

Mengakses internet adalah kebutuhan tersendiri yang bisa dikatakan setiap hari bahkan setiap waktu. Namun mengakses internet secara terbuka tanpa memperhitungkan keamanan yang dapat mengganggu privasi data anda atau perusahaan anda adalah hal yang buruk. Oleh karena itu, ada baiknya dalam mengakses internet, pastikan anda memiliki fitur keamanan yang terintegrasi ketika anda mengakses internet. Berikut ini 8 fitur keamanan yang dapat anda perhitungkan:

  1. Category blockingDiluar sana, ada ribuan bahkan miliaran web yang dapat anda akses, tapi tidak semua web tersebut adalah web yang aman untuk diakses, maka salah satu solusi keamanan yang diterapkan adalah melakukan pengkategorian blok terhadap web jenis apa yang diperbolehkan untuk diakses berdasarkan kebijakan yang anda miliki.
  2. Reputation filteringSetiap hari selalu bermunculan web baru, namun web yang baru muncul tersebut rentan memiliki exploit terhadap user yang tidak mengetahuinya. Reputation filtering diperlukan untuk mem-blok akses ke domain yang mencurigakan. Reputation filtering memberikan keamanan tambahan yang mungkin akan terlewat dari fitur  category blocking.
  3. Malware scanning dan file blockingKeamanan akses internet yang paling baik adalah melakukan scanning ke setiap halaman web yang dituju dan setiap file yang didownload dan juga memblok tipe file yang tidak diperbolehkan untuk dibuka secara online. Hal ini bagian untuk menghindari/mencegah file-file yang tidak diinginkan/file yang disusupi oleh program jahat.
  4. Block phishing sitesOrang yang sudah memahami keamanan akses internet pun masih memiliki kemungkinan menjadi korban terjebak oleh web phising.  Jadi, baiknya gunakan aplikasi yang dapat memblok munculnya web phising untuk melindungi data anda.
  5. HTTPS inspectionSolusi keamanan yang baik pula adalah memeriksa koneksi yang dilewatkan oleh protokol https, untuk memastikan tidak ada malware yang tersembunyi, dan memastikan bahwa tidak ada yang mencuri data yang anda lewatkan.
  6. Safe search enforcementMelakukan pencarian dalam mengakses internet adalah hal yang sering dilakukan. Namun, hasil pencarian yang didapatkan tidak selalu aman. Bisa saja hasil pencarian yang anda dapatkan berisi program jahat yang dapat mencuri data anda. Jadi, keamanan yang dapat menangkal ini adalah menerapkan fitur safe search.
  7. Bandwidth restrictionsSelain terhadap program-program jahat. Jika anda memiliki akses internet dalam perusahaan. Ada baiknya pula, anda membatasi besar bandwidth dalam mengakses internet. Karena dapat mempengaruhi seperti akses email, akses web perusahaan anda dan masih banyak lagi. Jadi, tidak ada salahnya untuk menerapkan pembatasan bandwidth untuk meningkatkan keamanan/kenyamanan akses internet anda.
  8. Logging dan reportingOke hal terakhir, mengetahui setiap aktivitas yang terjadi pada akses internet anda dapat menjadi informasi yang penting. Ketika akses internet anda mengalami gangguan, log aktivitas internet merupakan bahan yang sangat bermanfaat untuk memulihkan gangguan tersebut. Dan juga sebagai bahan untuk mengantisipasi jika aktivitas tersebut berulang. Jadi pastikan anda memiliki log terhadap aktivitas akses.

Diluar sana masih ada banyak tips untuk meningkatkan keamanan akses internet anda. Namun kebanyakan masih bersinggungan dengan 8 fitur yang sudah dibahas disini.

*artikel ini disadur ulang dari : http://hakin9.org/8-must-have-features-in-your-web-security-solution/

 

About alfach

Check Also

laravel_new

Membuat Select Box Bulan Secara Otomatis di Laravel Form

Menampilkan bulan pada field terkadang hal yang menjemukan, pada blade dan fitur Form di laravel ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>