Home / Mobile / Phonegap : Bikin aplikasi untuk android, IOS, Blackberry (mobile Devices)

Phonegap : Bikin aplikasi untuk android, IOS, Blackberry (mobile Devices)

Perkembangan mobile devices sangat cepat, dan beragam sistem operasi yang mengusungnya, seperti android, IOS, Blackberry, Windows Mobile (Mango), bada, dll. Bagi developer beragam sistem operasi menjadikan beragam platform yang harus dijadikan dasar untuk mengembangkan aplikasi. Memang, masing-masing memiliki bahasa pemrograman native, namun inilah yang menjadi keterbatasannya.

Salah satu solusi untuk dapat mengembangkan aplikasi tapi mudah pula diimplementasikan ke beragam sistem operasi mobile, ya menggunakan web, terutama teknologi HTML5. Dan salah satu framework yang memudahkan tersebut adalah phonegap.

Phonegap sudah cukup lama dikembangkan, dan terus mengalami perkembangan. Phonegap menggunakan teknologi web standar yang menjembatani antara wep aplikasi dan mobile devices. Phonegap berbasis open source implementasi dari open standar. Phonegap bukan sekedar menggunakan HTML5, namun beberapa fitur lainnya seperti:

  • Penggunaan javascript
  • Mengakses fitur native mobile devices
  • Deploy ke beragam platform
  • Menambahkan phonegap plugins

Dengan keunggulan yang dibawa phonegap, untuk pengembang web aplikasi berbasis dekstop (HTML dan javascript), tentu hal ini bukan barang asing, dan ini akan mempercepat dalam mengembangkan aplikasi di mobile devices.

About alfach

Check Also

pattern6

Kumpulan Web Referensi atau Inspirasi Desain Tampilan Android (Mobile)

Desain bukanlah hal yang mudah, paling tidak itu berlaku untuk saya. Apalagi desain untuk aplikasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>