9 Aplikasi Android Lokal Pilihan

Android berkembang dengan sangat cepat. Sudah banyak aplikasi di android market. Para pengembang lokal pun tidak ketinggalan. Buktinya banyak aplikasi lokal yang berkualitas. Yang saya tulis dibawah ini merupakan dari sudut pandang pribadi, dan bukan tidak mungkin  aplikasi-aplikasi lokal akan terus berkembang 🙂
1. Waktu Shalat
Ini salah satu aplikasi favorit saya. Kebetulan yang mengembangkannya teman saya Bukan hanya menampilkan jadwal shalat tetapi terdapat fitur kompas untuk menentukan arah kiblat. Waktu shalat yang ditampilkan berdasarkan lokasi dimana kita berada, jd lbh akurat dibanding berdasar kota besar (menggunakan network provider). Secara default bisa diatur agar startup nya lebih cepat kita bisa memilih lokasi di jakarta. Terdapat alarm azan versi panjang dan versi pendek.
2. Komutta
Aplikasi ini sangat membantu bagi yang ingin berkeliling dijakarta. Fiturnya menampilkan rute busway, koridor, titik perhentian. Selain itu juga bus umum, angkutan umum, kontak taksi. Sangat membantu, bagi yg belum hapal angkutan/rute di jakarta 🙂
3. Javelt
Ini aplikasi yang membantu bagi yg sering ber-travel ria. Menampilkan daftar travel jakarta-bandung dengan lengkap. Menampilkan jadwal, titik tiap travel, beserta informasi alamat dan no telp. Terdapat fitur news, berita terbaru dari tiap travel. Juga bisa mengetahui lokasi travel mana yg terdekat dengan posisi kita.
4. Tagihan Listrik
Dari nama aplikasinya, mungkin bisa diketahui fungsinya apa. Yaitu, mengecek tagihan listrik. Inputnya id pelanggan, lalu bisa scan barcode pada meteran atau bisa menggunakan input suara. Voila, lalu muncul tagihan listrik anda :p
5. Keyrani
Sebuah aplikasi informasi masa kehamilan dan tumbuh kembang anak. Aplikasi ini dikembangkan oleh seorang wanita yg memiliki pengalaman betapa bingungnya memberi imunisasi anak di Indonesia, karena tidak diberikan kapan harus imunisasi ini, kapan harus imunisasi itu. Aplikasi ini terintegrasi ke facebook dan twitter sebagai pemberi notifikasi.Setiap minggu aplikasi ini akan mengirimkan pesan ke facebook, twitter atau notifikasi offline android tentang kondisi janin secara umum seperti berat, panjang dan pertumbuhan janin berdasarkan input awal yang diberikan user. Aplikasi ini blm ada di market. ada di http://ai23.wordpress.com/keyrani/
6. Makan dimana atau toresto
Bagi yg suka kuliner, ada 2 pilihan aplikasi yaitu makan dimana atau toresto. Kedua aplikasi ini bisa jadi referensi. Untuk aplikasi makan dimana, berisi database kuliner di Indonesia yg bersumber dari detikfood. Selain menampilkan informasi tempat kuliner, fiturnya juga mendeteksi lokasi kuliner yg terdekat dengan anda. Sedangkan toresto masih beta, berisi kuliner jakarta, bandung, dan bisa kita tambahkan sendiri.
7. Lacak Paket
Bagi yang sering mengirim paket, dan ingin mengetahui keberadaan paket. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan. Aplikasi ini berfungsi untuk melacak paket pada jasa kurir JNE, tiki. dan kantor pos. Selain itu, juga bisa mengecek tarif yang dikenakan berdasar tujuan dan berat paket. Sangat bermanfaat.
8. myQuran
Ada banyak aplikasi alquran di android. Walau begitu aplikasi quran buatan lokal tidak kalah menarik. Yaitu myquran, aplikasi al quran yg berisi al quran beserta terjemahaan, ada fitur bookmark, dan yg menarik fitur untuk memperlihatkan tajwid dengan warna pada tulisan, jadi bisa membedakan panjang-pendek harakat bacaan.
9. Gempadroid
Salah satu aplikasi lokal awal di android. Menampilkan informasi gempa di seputaran indonesia. Berisi skala gempa, lokasi, peta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *