Mengatasi Blank Screen WordPress

Belum lama ini saya mengalami blank screen pada wordpress saya, tanpa saya ketahui penyebabnya. Aneh, karena saya merasa tidak melakukan perubahan apapun, tapi tiba-tiba ketika diakses hanya blank / white screen, bahkan hingga ke halaman admin wordpress tidak ada tampilan.

Biasanya wordpress akan menyebabkan blank screen kalau ada plugin/themes yang file nya tidak sempurna. Dan hal itu biasanya terjadi ketika melakukan update atau upgrade plugin/themes tersebut. Karena saya merasa tidak melakukan kedua hal diatas, tapi saya melakukan pengecekan pada plugin dan themes. Awalnya tidak berpengaruh sama sekali.

Berdasar hasil searching di google. Sebenarnya ada beberapa solusi, yang tergantung kita memiliki masalah yang mana.

1. Cek file wp-config.php atau file yang berada di themes. Buka file tersebut, lalu cek ke baris terakhir php Anda. Pastikan tidak ada ruang enter(space). Jika ada, maka hapus. Sesuaikan dengan baris terakhir code php.

2. Jika masih tidak bisa, maka ada kemungkinan bermasalah di plugin. Kemungkinan ada plugin yang broken, sehingga menyebabkan wordpress tidak berjalan sempurna, maka plugin yang anda miliki harus di deactive. Lalu, mungkin anda bertanya, bagaimana mendeactive kan plugin sementara halaman admin juga blank.

Ada 2 solusi untuk ini ;

1. Melalui database anda melakukan update pada plugin tertentu untuk mengganti statusnya menjadi deactive. Tapi caranya ini sangat sulit. Biasanya table pada database wordpress yang menyimpan konfigurasi plugin ada di wp_options. Sehingga anda harus mengecek dari sekian banyak baris yang ada di table wp_options.

2. Cara kedua ini jauh lebih simple. Masuklah ke file manager atau gunakan ftp. Lalu rename/hapus direktori plugins anda. Lalu refresh wordpress anda. Maka seketika wordpress akan mendeteksi bahwa plugin tidak ada, sekaligus mendeactive kan plugin yang sebelumnya active.

Pada saat itu wordpress saya kembali berhasil berjalan. Selanjutnya hanya perlu membalikkan nama direktori plugins atau upload plugins yang baru.

Selesai deh 🙂

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *