10 Aplikasi Android Pilihan Saya

Oke, ini mungkin ini subjektif berdasarkan kebutuhan dan pengalaman saya. Aplikasi ini menurut saya HARUS, dalam arti kebutuhan saya di android. Mungkin kebutuhan saya berbeda dengan pengguna android lainnya, tapi mungkin referensi ini juga bermanfaat bagi para pengguna android lainnya. Kalau ada masukkan silahkan memberi komentar 🙂

1. K-9 Mail
Menurut saya email bawaan dari android sangat lambat. Karena itu untuk email client di android menurut saya menggunakan K-9 mail ini. Support yahoo, sangat cepat, sync dan fitur-fitur unggulan lainnya. Menurut saya ini aplikasi email client yg paling bagus di android.

2. ES File Expolrer
Di android kita tentu membutuhkan adanya file manager untuk melakukan browsing pada sdcard. Untuk itu, pilihan file manager untuk di android, saya memilih ES File manager. Saya sudah menggunakannya sejak versi awal-awal, yang memiliki keunggulan dibanding file manager lainnya. Bisa digunakan di LAN, FTP, juga tersedia fitur application manager, task manager (walau dua ini sangat jarang saya gunakan). Hanya saja, kalau ingin file manager yang cepat aexplorer, juga bisa menjadi pilihan alternatif bagi saya.

3. Skyfire Browser.
Untuk browser, saya lebih sering menggunakan skyfire dibandingkan opera 5. Salah satu keunggulannya, skyfire sudah support web yang berbasis flash. Dan yang membuat saya kurang suka dengan opera 5 mini ini adalah kualitas image tidak bagus, terlihat ketika melakukan zoom, mungkin memang menjadi lebih cepat. Tapi justru menjadi kekurangan bagi saya.

4. SystemPanel
Ini sejenis aplikasi task manager, yaitu bisa kill task yang berjalan. Mungkin kebanyakan pengguna android akan menggunakan advanced task manager. Tapi di systempanel ini sangat intuitif, menampilkan beragam informasi yang ada di android kita. Dan juga yang menarik, ditampilkan dalam bentuk grafik. Fiturnya : monitor (suhu network, baterai, dll), dev info.

5. Facebook for android.
Oke, ini sebenarnya bersifat hiburan. Mengingat zamannya social network, maka tentu tidak lepas dari yang namanya facebook. Maka facebook for android, menjadi salah satu aplikasi yang dibutuhkan di android.

6. AppBrain
Bagi yang senantiasa melakukan update aplikasi yang dimiliki, maka bisa menggunakan aplikasi appbrain ini. Memang melalui android market juga akan memberitahui jika ada update. Hanya saja android market hanya akan memberi tahu jika aplikasi tersebut di install melalui download dari market, tapi jika kita menginstall langsung dari sdcard berupa file apk, maka android market tidak bisa sync. Dengan appbrain ini, aplikasi yang di install melalui file apk, juga bisa diketahui terdapat updatenya. Selain itu, appbrain ini juga memiliki recomended app, dan juga hot apps, yang bermanfaat.

7. IM+
Bagi yang melakukan messenger (chat), maka pilihan saya (saat ini) jatuh pada IM+. Memiliki fitur yang cukup bagi saya. Cepat, dan juga menampilkan avatar friendlist saya. Di bandingkan bawaan android menurut saya ini lebih cepat. Pilihan kedua, saya untuk chat pada palringo.

8.Uninstaller.
Memang di android secara default sudah tersedia untuk melakukan uninstall. Hanya saja, terlalu ribet jika harus masuk ke menu dulu, maka saya membutuhkan aplikasi uninstall yang cepat, dan menurut saya aplikasi uninstaller sangat membantu.

9. Swype Keyboard
Bagi pengguna android yang tidak memiliki keypad, maka aplikasi keyboard menjadi pilihan yang sangat menentukan, apa lagi jika memiliki jari-jari yang besar. Ini akan menyulitkan dalam pengetikan. Nah, untuk aplikasi keyboard, saat ini menggunakan swype. Yaitu dengan menggeser pada keyboard tersebut. Ini terasa lebih cepat. Walau secara default mendeteksi kosa kata bahasa inggris, tapi kita juga bisa menambahkan kosa kata tersebut. Selain itu, swype juga mendeteksi dari kontak telepon kita. Ini salah satu keunggulan dibandingkan yang sejenis yaitu shapewriter. Walau swype saat saya gunakan masih versi beta, tapi sudah cukup menarik. Untuk yang tidak berbasis gesture, pilihan saya jatuh pada better keyboard, atau ultra keyboard.

10. PDANet
Bagi yang sering melakukan perjalanan mobile. Aplikasi PDAnet ini bisa sangat membantu, yaitu menjadikan android anda sebagai modem. Mungkin bagi yang memiliki versi android 2.2 (froyo) ini sudah tersedia langsung. Bagi yang belum tersedia, ini akan sangat membantu. Walau juga tersedia wifi tether, tapi PDANet ini bisa menjadi pilihan yang membantu.