5 Tips Mengoptimalkan WordPress Anda

Tips ini berlaku yang menggunakan hosting wordpress, bukan yang mendaftar pada subdomain wordpress. Karena tidak bisa diutak-atik. Dan biasanya yang menggunakan hosting wordpress, akan sering menggunaka plugin tambahan baik untuk digunakan atau sekedar coba-coba. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi.

  1. Install plugin di lokal dahulu untuk sekedar mencoba. Ini dilakukan jika Anda ingin mencoba plugin wordpress, tapi belum tahu apakah sesuai dengan keinginan Anda, atau mencobanya untuk mengetahui, apakah plugin tersebut bisa berjalan dengan baik di wordpress anda.
  2. Jika ingin me-remove plugin. Lakukan sesuai prosedur. Jangan langsung menghapus plugin tersebut dari direktori plugin. Karena biasanya, kalau hanya sekedar menghapus melalui ftp, akan ada jejak yang ditinggalkan, baik file atau table di database.
  3. Gunakan plugin untuk cache wordpress Anda. Ini untuk mengoptimalkan pengunjung mengakses wordpress Anda. Dengan menginstall plugin cache, tidak akan memberatkan server hosting Anda, dan tentu akses web Anda akan lebih cepat. Ada banyak plugin untuk cache ini, seperti : wp super cache, wp cache, w3 cache, widget cache.
  4. Lakukan optimasi pada database Anda. Karena biasanya, dalam table-table tertentu akan menyisakan data yang sebenarnya tidak digunakan oleh table. Hal ini bisa dilakukan ke phpmyadmin milik hosting anda, atau mencari plugin yang sesuai, seperti : wp optimize, dll.
  5. Kalau perlu lakukan debug. Ini biasanya bagi developer, untuk mengecek load akses ke database. Karena bisa saja, tanpa diketahui load wordpress terasa lambat. Untuk mengeceknya bisa melalui debug ini. Ada beberapa plugin untuk ini, seperti : gd-press, debug queries, dan lain-lain.

Selamat mencoba 🙂

Reblog this post [with Zemanta]

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *