Tentang Google Wave

Ini hanya sekedar ulasan, tentang buzzword nya si google wave yang belum lama di rilis ke publik melalui invitations.

Google wave hanya salah satu teknologi baru dari google, seperti halnya teknologi google lainnya seperti gmail, googlemaps, etc, itu menggunakan implementasi dari teknologi HTML yg baru, yaitu HTML 5. (HTML = bahasa yg menyusun web statis). Ringkasnya “sebuah tool online baru dari Google yang digunakan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara langsung (real time).” Si google menyatukan teknologi yg mereka miliki dalam satu halaman desktop, yaitu gmail, googlemaps, googledocs, gallery, video online (seperti youtube), dll. Atau kata kuncinya, google mengatakan “komunikasi”.

Google wave ini pun diterapkan pula pada mobile applications, smartphone, netbook yg semakin banyak, yang akan bersanding dengan Google Chrome OS, Chromium browser.

Selain itu, google wave itu juga bisa dikatakan sebagai platform. Karena google wave ini sifatnya open source (terbuka) memungkinkan para developer nanti nya bisa kontribusi dan mengembangkan teknologi lain ke dalam google wave.

Nama besar google, ternyata menggunakan marketing google wave secara invitations. “Sesuatu yg cenderung membuat orang penasaran, orang malah mencarinya. Di beri cuma2, mungkin malah di acuhkan.. hehe”, itu triknya google (ini baru dugaan saya :p ). Padahal dulu, gmail account pun dibuat secara invitations, tapi pada ujungnya dibuat terbuka. Dan tanpa sadar kita sudah menjadi word of mouth nya si google wave, dan itu terjadi di milis2 :p

Bahkan ada yg memanfaatkan invitations ini, baca :
http://www.detikinet.com/read/2009/11/05/155639/1235954/323/undangan-google-wave-bertabur-jebakan

Saat ini, google wave, yg mungkin sudah memiliki account login, tampilannya masih biasa-biasa saja. Sekilas seperti chatting yahoo. Karena memang belum final, tapi ini juga bukan versi beta. Mereka mengatakan, mereka akan terus mengembangkan. Dan tidak tahu seberapa booming nti google wave di 2010 dan tahun berikutnya. Bagi yg pro, mereka menunggu-menunggu perkembangan selanjutnya, tapi yg mengkritik.. . jika gagal, ada yg memberi komentar, “sebagai teknologi tergagal di abad 21”. Tapi kita blm tahu.

Klo melihat pengertian seperti itu, mungkin ujung2nya memang teknologi akan menyinggung istilah teknologi2 lainnya, seperti cloud computing, virtualization, green IT. Ringkasnya, cloud = awan di istilahkan sebagai storage online, lalu virtualisasi = memungkinkan aplikasi dijalankan secara virtual, tidak menggunakan hardplatform, maka dgn tidak menggunakan hardplatform menjadi green IT = peringkasan penggunaan hardware.

Kata-kata seperti cloud computing, virtualizations, green IT itu sudah diprediksi awal tahun 2009 , dan mungkin memang google wave merupakan salah satu bagian kecil teknologi yg semakin mengarah ke sana.

Google wave itu, wave = melambai = komunikasi. atau bisa jg wave = gelombang, jd gelombang teknologi :p

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *