Web Marketing : Sebelum Membangun Web Site

Mempunyai web site dan melakukan marketing melalui internet adalah dua hal yang berbeda. Website biasanya hanya berupa kumpulan dokumen, gambar dan file elektronik lainnya yang terpublikasi melalui internet. Sementara internet marketing merupakan mencakup semua langkah-langkah untuk meraih market online, menarik pengunjung ke web site Anda, membuat mereka tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda, dan membuat mereka berkunjung kembali.

Segala hal yang berhubungan dengan internet marketing berhubungan dengan tiga diantaranya :

  • Tujuan dari usaha yang ingin dijalankan.
  • Kebutuhan, keinginan dan harapan dari target pasar.
  • Produk dan jasa yang ditawarkan.

Tujuan Usaha
Sebelum membangun website, Anda harus menentukan dengan jelas tujuan online. Apakah tujuan dari situs Anda? Setiap elemen yang ada di situs Anda harus berhubungan dengan tujuan Anda. Ketika Anda akan melakukan perubahan, penambahan atau pengurangan pada situs Anda, maka perubahan tersebut haruslah berkaitan dengan tujuan web Anda. Jika tidak berhubungan, maka Anda kembali harus mempertimbangan perubahan yang Anda inginkan. Beberapa tujuan dari dibangun sebuah situs diantaranya adalah :

  • Mempromosikan produk dan jasa Anda
  • Menjual produk dan jasa Anda.
  • Menghasilkan layanan pelanggan dan dukungan produk
  • Menghasilkan informasi produk atau perusahaan Anda.
  • Membuat dan mengembangkan identitas perusahaan atau brand awareness

Mempromosikan produk dan jasa Anda
Tujuan dari beberapa situs adalah tidak secara langsung menjual suatu produk, jasa, kegiatan atau layanan. Sebagai contoh sebuah studio film yang ingin mengembangkan web, maka web site tersebut haruslah mempromosikan film yang akan di rilis. Tujuannya adalah untuk menciptakan “buzz” mengenai film, mengembangkan daya tarik terhadap film, dan pada akhirnya menarik banyak pengunjung yang menonton pada saat film di rilis. Tipe jenis ini, paling tidak haruslah memiliki klip dari film, gambar, dan cerita mengenai film, aktor, melakukan viral marketing (“Tell a friend”) sebagai word-of-mouth marketing, dan elemen lain yang membantu mereka untuk mendapatkan tujuan mereka dengan target pasar mereka.

Menjual Produk dan Jasa Anda
Menjual produk dan jasa secara online merupakan tujuan yang umum. Internet memungkinkan untuk para pengguna dari segala penjuru dunia untuk mendapatkan informasi. Seringkali sebuah bisnis mengkombinasikan tujuan antara mempromosikan produk dan jasa sekaligus juga menjual produk dan jasa secara langsung. Ini akan bekerja dengan baik karena pengunjung tidak hanya mendapatkan informasi mengenai produk dan jasa Anda, tapi mereka juga mendapatkan pilihan untuk melakukan pemesanan dan membeli secara online. Semakin Anda memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk melakukan pembelian dari usaha Anda, semakin mereka menyukai akan melakukan pembelian. Anda harus memberikan informasi secara detail mengenai produk dan jasa anda, kebijakan yang dimiliki, garansi dan jaminan, dan pilihan untuk melakukan shipping. Jika Anda juga berencana untuk menjual secara langsung, Anda juga harus memperhitungkan keamanan yang dimiliki.

Memberikan Layanan dan dukungan pelanggan Online
Sebuah keuntungan besar dari sebuah situs adalah Anda memberikan dukungan dan layanan pelanggan selama 24 jam sehari, 7 hari selama seminggu, 365 hari selama satu tahun Jika usaha Anda adalah mengembangkan software (software house), sebuah ide bagus untuk memberikan upgrade yang dapat di download, sebagaimana juga adanya bagian FAQ (Frequently Asked Questions) yang dapat memberikan solusi untuk masalah yang umum. Dengan memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk memecahkan masalah mereka, maka Anda telah meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda juga sekaligus telah meningkatkan daya tarik untuk membuat pelanggan kembali lagi kepada Anda untuk meningkatkan sistem yang mereka miliki. Sediakan juga layanan kontak informasi bagi pelanggan yang memiliki masalah yang sulit dan butuh untuk berbicara langsung.

Memberikan Informasi produk dan perusahaan Anda.
Beberapa institusi secara hanya sekedar memberikan informasi mengenai produk atau jasa ke pasar tertentu. Yang lain mungkin juga menginginkan untuk memberikan informasi perusahaan ke pelanggan yang potensial. Tipe web jenis ini, biasanya memiliki bagian FAQ yang memberikan informasi yang bermanfaat pada perusahaan mengenai produk dan jasa yang dimiliki. Jika perusahaan itu bergerak dibidang media, maka memungkinkan untuk memiliki Media Center, yang mencakup mengenai rilis press, latar belakang perusahaan, informasi mengenai kunci perusahaan, artikel yang ditulis mengenai perusahaan dan galeri dengan gambar yang relevan, sekaligus juga link individu dari media tersebut.

Membuat dan Mengembangkan Identitas Perusahaan atau Brand Awareness.
Untuk memberikan “brand” pada produk Anda, nama yang mudah diingat dan logo yang menarik perhatian (eye-catching) adalah hal yang diperlukan. Sekaligus juga, mengenai desain web Anda harus mendukung dan mencerminkan warna yang sesuai dengan logo Anda. Slogan yang mudah juga turut meningkatkan promosi identitas brand Anda. Teknik brand yang sama juga dapat diterapkan pada saat mengembangkan identitas perusahaan. Jika membangun image dan identitas brand menurut Anda sangat penting, maka web Anda harus memiliki tampilan yang konsisten. Seperti halnya melakukan promosi dan materi offline harus konsisten sama dengan yang ada di online.

Tujuan Utama yang Lain.
Melakukan brainstroming dengan semua stakeholder pada institusi Anda untuk menentukan tujuan utama merupakan hal yang kritikal untuk meraih sukses online. Semua yang berada disekeliling berpengaruh pada tujuan utama Anda. Jika Anda membangun sebuah kantor yang baru, maka Anda akan meminta masukkan dari semua orang yang bekerja pada kantor Anda untuk memastikan kebutuhan mereka dan menentukan kantor baru yang akan dibuat. Sama halnya jika Anda membangun web, semua orang harus terlibat melakukan brainstroming. Walau mungkin akan memakan waktu yang lama dalam membahas hal ini, tapi ketika sudah berhasil melewati tahap awal ini, maka Anda akan memiliki blueprint yang terbaik untuk web Anda.

Hal Lain yang Perlu Diperhitungkan
Meskipun menentukan tujuan utama adalah hal yang penting, penting pula untuk menentukan secondary objek. Dengan menentukan tujuan yang kedua, maka Anda semakin mempersiapkan untuk menerima tujuan online Anda. Kebanyakan perusahaan hanya menentukan tujuan utama dari web mereka dan dengan jelas tidak menentukan tujuan kedua yang membantu mereka meraih kesuksesan. Berikut beberapa tujuan kedua yang dimiliki oleh bisnis online.

  • Situs harus dirancang search engine friendly.
  • Situs harus dirancang untuk meningkatkan kunjungan yang berkali-kali.
  • Situs harus mempunyai elemen viral marketing yang menarik pengunjung menyarankan produk dan layanan Anda ke lainnya.
  • Situs harus mencakup elemen meningkatkan daya ungkit penjualan.
  • Situs harus dirancang untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Situs harus dirancang meningkatkan pengunjung untuk berkunjung lebih lama dan mengunjungi halaman-halaman lain pada situs.

Pengantar Terakhir dalam Menentukan Tujuan
Menentukan tujuan web Anda sebelum membangun web Anda merupakan hal yang esensial sehingga Anda dapat memberi tahukan kepada web developer, web seperti apa yang Anda inginkan. Anda tentunya ingin memiliki beberapa tujuan yang berbeda pada web Anda, walaupun begitu hal tersebut dapat menjadi satu hingga menjadi web yang lengkap.

Apapun tujuan web Anda, Anda harus menentukan dengan seksama menggabungkan elemen yang terbaik pada web Anda dan startegi internet marketing sehingga membantu Anda untuk mendapatkan yang Anda inginkan.

CD TUTORIAL WEB ECOMMERCE | Membuat toko online dalam 6 jam menggunakan Joomla! Virtuemart

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *